BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Keberhasilan pendidikan ditentukan
oleh berbagai komponen yang saling berkaitan. Komponen-komponen tersebut antara lain, pendidik,
peserta didik, kurikulum, sumber belajar, media pembelajaran, sarana prasarana.
Komponen-komponen tersebut merupakan suatu sistem,
artinya antara komponen yang satu dengan komponen lainnya saling mendukung,
saling ketergantungan. Jika komponen yang satu terpenuhi tetapi komponen yang
lainnya tidak, maka keberhasilan pendidikan tidak akan tercapai.
Kondisi pendidikan saat ini masih
jauh dari yang diharapkan karena komponen pendukungnya masih kekurangan. Oleh
karena itu harus ada upaya konkrit dari berbagai pihak untuk mengatasinya.
Pihak-pihak yang terkait dan bertanggung jawab terhadap pendidikan menurut
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional meliputi
pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Ketiga pihak penanggung jawab pendidikan
tersebut harus mampu membuat inovasi pendidikan yang saat ini cenderung masih
banyak kekurangan mwenjadi sekolah maju dan ideal.
Pemerintah sebagai salah satu pihak
yang bertanggung jawab terhadap pendidikan sedang berusaha membuat inovasi
pendidikan dengan lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan. Lingkup standar nasional pendidikan mencakup (1) stndar isi, (2) standar
proses, (3) standar kompetensi lulusan, (4) standar pendidik dan tenaga
kependidikan, (5) standar sarana prasarana, (6) standar pengelolaan, (7)
standar pembiayaan, dan (8) standar penilaian pendidikan.
Sekolah sebagai bagian dari
pemerintah berkewajiban untuk mendukung dan merealisasikan PP Nomor 19 tahun
2005 tersebut. Untuk mewujudkan harapan
tersebut kini SD Negeri Margamulya menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
sebagai upaya nyata menuju sekolah masa mendatang yang ideal sebagaimana yang
diharapkan.
B. Landasan Hukum
1.
UU RI Nomor 20 tahun 2003
tentang Sistem pendidikan nasional.
2.
PPRI Nomor 19 tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan
3.
Permendiknas Nomor 13 tentang
Tugas pokok dan fungsi Kepala Sekolah.
4.
Keputusan Rapat Komite Sekolah.
C.
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penyusunan Rencana Pengembangan
Sekolah ini antara lain senagai berikut:
- Sebagai upaya untuk mendeskripsikan keadaan SD Negeri Margamulya saat ini
- Sebagai upaya untuk mendeskripsikan sekolah masa mendatang yang ideal.
- Sebagai pedoman untuk mengembangkan sekolah sesuai dengan visi dan misi.
- Sebagai pemberi arah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
D. Tahapan
Penyusunan 1
Ue
- Bersama-sama dengan tim pengembang sekolah , menganalisis strategi sekolah yang
ideal
2. Bersama-sama dengan tim
pengembang sekolah, menganalisis situasi sekolah yang ada saat ini dari berbagai komponen
3. Bersama-sama dengan tim pengembang
sekolah, membuat formulasi sekolah yang diharapkan yang ideal.
4. Menentukan
kesenjangan antara sekolah saat ini dengan situasi sekolah yang
diharapkan.
5. Menyusun rencana pengembangan sekolah mulai
dari visi dan misi sekolah.
a
BAB II
TUJUAN SEKOLAH
A. Visi
Visi SD Negeri Margamulya :
” Terwujudnya peserta didik yang berakhlakul
karimah dan unggul dalam prestasi ”
B. Misi
Misi SD Negeri Margamulya :
1.
Menumbuhkan kesadaran dan penghayatan terhadap
pengamalan Agama
2.
Mendorong dan menumbuhkembangkan semangat
berprestasi
3.
Optimalisasi pembelajaran yang aktif, inopatif,
kreatif, efektif dan menyenangkan
4.
Optimalisasi kegiatan ekstarkurikuler sesuai minat
dan bakat siswa
5.
Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif
sebagai komunitas pembelajaran
6.
Menciptakan managemen sekolah yang terbuka dan
demokratis
C. Tujuan
Tujuan SD Negeri Margamulya :
1. Semua warga sekolah bertanggung jawab atas
tugas pokok dan fungsinya.
2. Kualitas akademis menunjukkan prestasi
yang memuaskan.
3.
Kualitas nonakademis dimiliki siswa sebagai life skill.
4.
Kualitas keimanan warga sekolah
dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Lingkungan sekolah tertata
rapih, sehingga warga sekolah merasa aman dan nyaman.
D. Sasaran
1.
Meningkatnya kesadaran rasa
tanggung jawab warga sekolah sesuai
dengan tugas pokok dan fungsinya.
2.
Meningkatnya profesionalisme
guru sehingga kualitas akademik menunjukkan prestasi yang memuaskan.
3.
Meningkatnya prestasi
nonakademis selaras dengan minat dan bakat siswa.
4.
Meningkatnya pembentukan
karakter siswa sehingga memiliki budi pekerti, sikap dan prilaku yang terpuji.
5.
Meningkatnya penataan
lingkungan sekolah yang asri, nyaman serta bermanfaat multi fungsi bagi warga
sekolah.
E.
Program Strategis
1.
Seluruh warga sekolah wajib
melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
2.
Peningkatan profesionalisme
guru dalam melaksanakan pembelajaran.
3.
Pengembangan bakat minat siswa
dijadikan life skill dan prestasi.
4. Membudayakan nuansa Islami selama di
sekolah, keluarga dan masyarakat.
5.
Menciptakan suasana lingkungan
yang nyaman dan asri
F.
Strategi Pelaksanaan
Program
1. Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan
tugas pokok dan fungsi masing-masing.
Strategi yang lakukan untuk
melaksanakan program tersebut di atas antara lain dengan melakukan
a. Membuat tatatertib kehidupan sekolah
b. Membuat sturktur organisasi gerakan disiplin
c.
Mensosialisasikan tatatertib kehidupan sekolah kepada warga sekolah.
d. Melakukan tertib administrasi
tatatertib gerkan disiplin.
e. Melakukan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan
2.
Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran
a.
Mengikutsertakan kegiatan seminar bagi guru dan kepala sekolah.
b.
Mengikutsertakan kegiatan pendidikan dan latihan bagi guru dan kepala sekolah.
c.
Mengadakan kegiatan KKG,dan diskusi
sekolah
d.
Memberikan motivasi bagi guru untuk melanjutkan studi
e.
Melakukan penelitian tindakan kelas (PTK)
f.
Mendatangkan nara sumber untuk melakukan diskusi sekolah.
g.
Melengkapi sarana prasarana penunjang pembelajaran
h.
Mengikuti pelatihan komputer
i. Mengikuti
kursus bahasa Inggris
j. Mengadakan Remidial teaching
k. Melaksanakan
Klinik pembelajaran
l. Melakukan evaluasi diri tentang
pembelajaran
m. Mengadakan
Kunjungan pembelajaran ke rumah
3. Pengembangan bakat minat siswa, dijadikan
life skill dan prestasi.
Strategi yang lakukan untuk
melaksanakan program tersebut di atas antara lain dengan melakukan
a. Menginventarisasi
kegiatan ekstrakurikuler yang mungkin dilakukan
b. Menugaskan guru
untuk membimbing kegiatan ekstrakurikuler.
c. Menyusun Jadwal
kegiatan ekstrakurikuler.
d. Menginventarisasi sarana dan prasarana
pendukung
e.
Menginventariasi bakat minat siswa.
f. Melakukan kegiatan
Porseni antarkelas atau antarkelompok.
g. Melakukan
Evaluasi dan pelaporan
4. Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah,
di keluarga, dan masyarakat.
Strategi yang lakukan untuk melaksanakan program
tersebut di atas antara lain dengan melakukan:
a. Melaksanakan program 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun)
b. Melaksanakan
tadarus sebelum kegiatan pembelajaran.
c. Melaksanakan
kuliah tujuh menit (kultum) setiap hari Jumat
d. Melaksanakan solat
dhuhur berjamaah di mesjid terdekat
e. Melaksanakan solat
jumat dan keputrian
f. Menyelenggarakan PHBI
g. Membuadayakan busana
muslim setiap hari Jumat.
- Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri.
Strategi yang lakukan untuk melaksanakan program
tersebut di atas antara lain dengan melakukan
a. Melaksanakan 7 K (keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kesehatan,
kekeluargaan, kenyamanan)
b. Melaksanakan
kegiatan Jumat bersih
c. Melaksanakan perawatan taman sekolah.
d. Membuat slogan-slogan yang mendukung visi, misi
sekolah.
e. Melakukan
budaya pungut sampah
f. Mengantisipasi terjadinya aksi corat-coret
pada sarana dan prasarana sekolah.
G. OUT PUT YANG DIHARAPKAN:
1. Pada tahun 2012 SD Negeri Margamulya
Kecamatan Cikatomas menjadi sekolah yang memiliki warga sekolah berdisiplin dan
bertanggung jawab atas tugas pokok dan fungsinya.
2. Pada tahun 2012 kualitas akademis
siswa menunjukkan standar kompetensi lebih dari 80%
3. Pada tahun 2012 para siswa
meiliki life skill yang memadai untuk bekal hidupnya.
4. Pada tahun 2012 warga sekolah
dapat menunjukkan budaya islami dalam kehidupan sehari-hari.
5. Pada tahun 2012 SD Negeri Margamulya
dapat dirasakan sebagai rumah kedua setelah rumah sendiri yang dapat mendukung
suasana yang nyaman.
BAB III
PROGRAM KERJA
A. Analisis Program Strategis
1. Sasaran
a. Tahun ke-1
1). Minimal 60 % Seluruh warga sekolah wajib
melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
2). Minimal 60 % Peningkatan profesionalisme
guru dalam melaksanakan
pembelajaran.
3 ). Minimal 60 %
Pengembangan bakat minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
4). Minimal
60 % Membudayakan nuansa Islami selama
di sekolah, keluarga dan
masyarakat.
5).
Minimal 60 % Menciptakan suasana
lingkungan yang nyaman dan asri
b. Tahun ke-2
1). Minimal
70 % Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi
masing-masing.
2).
Minimal 70 % Peningkatan profesionalisme
guru dalam melaksanakan
pembelajaran.
3). Minimal 70 % Pengembangan bakat minat siswa dijadikan life skill
dan prestasi.
4). Minimal 70 % Membudayakan nuansa Islami selama
di sekolah, keluarga dan masyarakat.
5).
Minimal 70 % Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri
c.
Tahun ke-3
1). Minimal
80 % Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi
masing-masing.
2).
Minimal 80 % Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan
pembelajaran.
3). Minimal 80 % Pengembangan
bakat minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
4). Minimal 80 % Membudayakan nuansa Islami selama
di sekolah, keluarga dan masyarakat.
5).
Minimal 80 % Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri
d. Tahun ke-4
1). Minimal
90 % Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi
masing-masing.
2).
Minimal 90 % Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan
pembelajaran.
3). Minimal 90 % Pengembangan bakat minat siswa dijadikan
life skill dan prestasi.
4). Minimal 90 %
Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah, keluarga dan masyarakat.
5). Minimal 90 % Menciptakan
suasana lingkungan yang nyaman dan asri
2. Analisis SWOT dan
Pemecahan Masalah
Sasaran
1:
Kepala Sekolah, Guru, dan siswa
menyadari penuh akan tanggung jawabnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
a. Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
|
Kriteria kesiapan
|
Kondisi nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
Tidak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
a.
Fungsi frogram
1)
Faktor internal
a) Inovasi manajemen
berbasis sekolah
b) Panduan penyusunan
rencana operasional
sekolah
2)
Faktor eksternal
a) pemahaman stakeholder
tentang rencana strategis
dan
rencana operasional
sekolah
b. Fungsi Kelembagaan
1) Faktor Internal
a) Team sekolah
b) Job Description
c) Sosialisasi
d)
Pertemuan stakeholder
e)
Penyusunan Renta dan Renop
f) Pengendalian program
a.
Pelaporan
2)
Faktor Eksternal
a)
Kesiapan Komite Sekolah dan
stakeholder
c. Fungsi Sarana dan Prasarana
1) Faktor
Internal :
a) Tempat
pertemuan
b) ATK
d. Fungsi Keuangan
1) Faktor
Internal :
a) dana
b) Alokasi anggaran
2) Faktor Eksternal
a) Dukungan dari orang tua siswa
b) Dukungan dari pemerintah
|
a)
tinggi
b)
ada
a) difahami secara utuh
a) Ada
b) Dibuat
c) Dilaksanakan
d) Dilaksanakan
periodik
e) Dilaksanakan
f) Terlaksana periodik
g) Dibuat periodik
a) siap
a) Tersedia
b) Tersedia
a) ada dan memadai
b) tersedia dan memadai
a) Ada dan memadai
b) Ada
dan memadai
|
a)
cukup tinggi
b)
ada
a)belum
difahami
secara utuh
a)
Ada
b)
Ada
c)
Dilaksanakan
d) Belum Periodik
e) Dijadwalkan
f) terlaksana
g) Dibuat periodic
a)
siap
a)
Tersedia
b) Belum memadai
a) Belum memadai
b) Belum memadai
a) Tidak memadai
b) Tidak
|
P
P
P
P
P
P
P
|
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
|
b. Pemecahan masalah:
Hasil analisis SWOT pada sasaran 1
didapat beberapa masalah sesuai dengan kondisi nyata tingkat kesiapan faktor,
maka alternatif pemecahan masalah untuk sasaran 1 adalah:
1) Penyampaian informasi kepada guru, siswa, dan orang tua siswa tentang
rencana pengembangan sekolah
2)
Pengkajian Panduan Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Operasional
3) Menganalisa Rencana Strategis dan Rencana Operasional yang sesuai
dengan kebutuhan yang perlu dikembangkan
4) Inovasi manajemen
sekolah dengan berorientasi secara menyeluruh kepada manajemen berbasis sekolah
5) Pembuatan dan penyusunan monitoring
dan evaluasi program
6) Sosialisasi pada seluruh warga sekolah
dan orang tua siswa
Sasaran
2 :
Melalui Profesionalitas, kualitas
Akademis seluruh mata pelajaran menunjukkan
prestasi yang memuaskan
a. Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
|
Kriteria kesiapan
|
Kondisi nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
Tidak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Pendukung PBM
1. Faktor Internal
a. Penggunaan metoda pembelajaran
b. Pemberdayaan siswa
c. Perilaku siswa
d. Hubungan guru dan siswa
e. Penggunaan waktu belajar
2.
Faktor Eksternal
a. Kesiapan siswa menerima pelajaran
b. Dukungan orang tua dalam
meningkatkan motifasi belajar
c. Lingkungan sosial sekolah
d. Lingkungan Fisik sekolah
|
Bervariasi
Guru
mampu memberdayakan siswa
Disiplin
aman dan tertib
Akrab
Efektif
Siap
Tinggi
Konduktif
Nyaman
tenang
|
Cukup
bervariasi
Guru
cukup mampu
Cukup
disiplin dan tertib
Akrab
Efektif
Siap
Cukup
baik
Cukup
Konduktif
Nyaman
namun perlu ditingkatkan/ renovasi
|
Siap
P
P
P
P
P
P
P
P
|
P
|
Fungsi
Pendukung Ketenagaan
1. Faktor Internal
a. Jumlah Guru
b.
Kualifikasi Guru
c.
Kesesuaian kelayakan dengan
matapelajaran guru
d.
Jumlah jam mengajar
2. Faktor Eksternal
a.
Pengalaman mengajar guru
b.
Kesiapan guru mengajar
c.
Fasilitas pengembangan diri
Fungsi
Pendukung Sarana Perpustakaan
1. Faktor Internal
a.
Buku setiap matapelajaran
b.
Jumlah buku penunjang
c.
Jumlah lemari dan rak buku
d.
Ruang Perpustakaan
2. Faktor
Eksternal
a.
Dukungan orang tua dalam
Melengkapi perpustakaan
b.
Kerja sama dengan perpustakaan
lain yang lengkp
c. Kesesuaian buku penunjang
dengan
potensi daerah dan pengembangan
iptek
Fungsi Sarana/ Prasarana
1. Faktor
Internal
a.
Bahan ajar
b.
Kurikulum lokal
c.
Ruang belajar/ kelas
d.
Fasilitas/ peralatan
e.
Media Pendidikan
f.
Perpustakaan sebagai pusat ilmu
g.
Pelayanan perpustakaan yang
Memadai
2 Faktor Eksternal
a.
Bantuan dari
orang tua siswa/ masyarakat
b)
Bantuan dari pemerintah
|
Memkai
rasio 1:18
Pend.Guru
min S1
Konduktif
Rata-rata
18 jampel
Rata-rata
pengalaman mengajar 5 tahun
Memadai
Tersedia
Cukup dan
lengkap
Cukup dan
lengkap
Cukup
Luas
bersih dan rapih
Mendukung
Ada
kerja sama
Tingkat
kesesuaian
a)
Tersedia memadai
b)
Tersedia memadai
c)
Fasilitasnya lengkap
d)
Tersedia lengkap
e)
Tersedia lengkap
f)
Tersedia buku penunjang siswa
g)
memadai
a) Memadai
b) Memadai
|
Rasio
1:18
75% tamatan D2
80 %
rata-rata
18 JP
Rata-rata
pengalaman mengajar 5 tahun
Cukup
memadai
Cukup
tersedia
kurang
lengkap
kurang
lengkap
kurang
lengkap
Tidak
cukup dan kurang lengkap
Kurang
Tidak ada
Kurang sesuai
Tersedia
Tersedia
Lengkap
Kurang lengkap
Kurang lengkap
Kurang lengkap
Tidak ada
Tidak ada
Tidak memadai
|
P
P
P
P
P
P
P
P
P
|
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
|
b. Pemecahan masalah:
Agar fakor-faktor yang tidak siap sesuai kondisi nyata maka alternatif
pemecahan persoalan pada sasaran 2 adalah sebagai berikut :
1) Pengadaan
fasilitas pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2004
2) Peningkatan
metoda pembelajaran yang mengarah pada kompetensi
3) Penataan
ruang belajar sesuai standar kelayakan
4) Pemberdayaan perpustakaan sekolah
5) Pengadaan sarana prasarana
6) Monitoring dan
evaluasi
Sasaran
3 :
Prestasi di bidang non akademis
meningkat selaras dengan minat dan bakat siswa
a.
Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
|
Kriteria kesiapan
|
Kondisi nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
Tidak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
a. Fungsi
Siswa
1) Faktor
Internal
a) Jumlah siswa tiap ekstrakulikuler
b) Motivasi siswa
c) Latar belakang/ minat siswa tiap
ekstrakulikuler
d) Bakat
e) Postur tubuh
2) Faktor
Eksternal
a)
Dukungan orang tua
b) Dukungan Lingkungan
c)
Dukungan instansi terkait
b. Fungsi
Pendukung : Ketenagaan
1) Faktor
Internal
a.
Jumlah pelatih
b. Kualifikasi pelatih
c.
Relepansi pelatih
2)
Faktor Eksternal
a. Pengalaman pelatih
b. Kesiapan pelatih
c. Fungsi Latihan
1) Faktor
Internal
a. Tipe Latihan
b. Itensitas latihan
c.
Waktu latihan
d. Motivasi pelatih
2) Faktor
Eksternal
a. Dukungan orang
tua
b. Dukungan lingkungan
|
a)
merata
b)
Tinggi
c)
Tinggi
d)
Sesuai
e)
Sesuai
a)
Tinggi
b)
Tinggi
c)
Tinggi
a)
Memadai
b) 80
% dan sesuai
c) ada
dan kurang
a)
Pengalaman > 3 th
b) Tinggi
a) Teratur
b) 80 %
c) 2-3 kali/minggu
d)
Tinggi
a) Tinggi
b) Tinggi
|
a) Kurang
b) Tinggi
c) Kurang
d) Kurang
e) Kurang
a) Cukup
tinggi
b) Kurang
c) Kurang
a) cukup
memadai
b) 50 %
c) ada/ kurang
a) Pengalaman >5 th
b) Tinggi
a) Kurang
b) 40 %
c) 1 kali/minggu
d) Tinggi
a) Kurang
b) Kurang
|
P
P
P
P
P
P
P
P
|
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
|
d. Fungsi Pendukung Sarana Prasarana
1) Faktor Internal
a.
Alat Olahraga
b.
Alat Kesenian
c.
Jml.alat olahraga
d.
Jml.Alat kesenian
2)
Faktor Eksternal
a. Dukungan orang tua dlm melengkapi kebutuhan
|
a) Cukup & lengkap
b) Cukup & lengkap
c) Cukup & lengkap
d) Cukup & lengkap
a) Tinggi
|
a) cukup
b) Kurang
c) Cukup
d) Kurang
a) Kurang
|
P
P
|
P
P
P
|
b.
Pemecahan masalah:
Dari hasil analisis yang telah
dilakukan ada beberapa factor yang belum siap. Untuk mengatasi factor yang
belum siap maka dilaksanakan alternatif pemecahan masalah
1) Penjaringan
siswa yang tepat dalam memilih ekstrakulikuler selain menurut bakat dan minat
siswa, juga disesuaikan dengan kebutuhan dari cabang ekstrakulikuler yang
dipilih
2)
Sosialisasi dengan orang tua tentang Ekstrakulikuler yang ada di Sekolah
Dasar Negeri Margamulya pada waktu tahun ajaran baru dan pembagian raport
3)
Mengirimkan pembina pada pelatihan sesuai bidangnya
4) Jadwal latihan diperbanyak disesuaikan dengan
kebutuhan tiapekstrakulikuler
5)
Try out dengan lingkungan luar sekolah untuk mengevaluasi hasil dari
latihan
6)
Melengkapi sarana Prasarana yang dibutuhkan oleh tiap ekstrakulikuler
7) Mengikuti even-even yang ada didalam dan luar
kecamatan sebagai ajang prestasi
Sasaran 4:
Meningkatnya pembentukan karakter siswa sehingga memiliki budi pekerti,
sikap dan prilaku yang terpuji.
a. Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
|
Kriteria kesiapan
|
Kondisi nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
Tidak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
a. Fungsi
Ketenagaan
1) Faktor
Internal
a.
Guru agama
b.
Jenis guru PAI
c.
Pengalamanmengajar
2)
Faktor Eksternal
a.
Kepedulian guru lain
b.
Kepedulian DKM
c.
Kepedulian guru BK
d.
Partisipasi masyarakat sekitar
sekolah
|
a) 1
orang
b) 100%
layak
c) > 5
thn.
100 %
mendukung
100 %
mendukung
100 %
mendukung
Aktif
|
a) 1
orang
b) 100%
layak
c) > 5
thn.
mendukung
mendukung
mendukung
mendukung
|
P
P
P
P
P
P
P
|
b. Fungsi
Kurikulum
1. Faktor internal:
a) Jumlah jampel PAI
b) Kurikulum yang digunakan
c) KKG PAI
d) Evaluasi
2. Faktor eksternal:
a) Kegiatan eskul BTQ
b) Tadarusan sebelum PBM
c) Sholat berjamaan di sekolah
d) Solat Jumat di sekolah
e) PHBI
f)
Pesantren
c. Fungsi
Kesiswaan
1. Faktor internal
a) kesiapan siswa
b) antusias siswa
c) status keagamaan siswa
d) tatatertib siswa
e) buku masalah siswa
f) buku kendali siswa
2. Faktor eksternal
a) keterlibatan guru
b) keterlibatan komite
c) dukungan orang tua
d) keterlibatan petugas kantin
d. Fungsi
sarana Prasarana
1. Faktor Internal
a) ada mesjid
b) kamar kecil siswa/guru
c) lokasi tempat wudu
d) ukuran mesjid
e) Ada Alquran
2.
Faktor eksternal
a) perangkat soalt
b) sound system mesjid
c) alas solat
d) tenda penggabung mesjid
e) kipas angin
f) pengurus mesjid
g) rak sandal /sepatu
e. Fungsi
Humas
1. Faktor Internal:
a) adanya pembiasaan
b) sosialisasi kepada orang tua
c) zakat di sekolah
2. Faktor eksternal:
a) dukungan orang tua
b) dukungan masyarakat
|
a) 3 jam/minggu
b) KTSP
c) 2x/bulan
d. dilaksanakan
a) Ada
b) dilaksanakan
c) Istirahat
ke-2
d) dilaksanakan
e) 3 kali /tahun
f) 1 kali/tahun
a) 100 % siap
b) 100% antusias
c) 100% Islam
d) dibuat
e) dibuat
f) dibuat
a) 100% dilibatkan
b) 100% dilibatkan
c) mendukung
d) mendukung
a) ada 1
b) ada 8 kamar
c) memadai
d) 20 x 20 cm
e) 1 alquran: 1siswa
a) mukena 30, sarung 30
b) 1 set lengkap
c) 40 lb. (0,6 x1m)
d) 11 x 12m
e) 4 buah
f) ada
g) 4 buah
a) terprogram
b) dilaksanakan
3 x
c) dilaksanakan
1 x
a) mendukung
b) mendukung
|
3 jam/minggu
KTSP
1 kali/bulan
dilaksanakan
belum
belum
belum
tidak mungkin
3 kali/tahun
1 kali/tahun
siap
siap
100% Islam
dibuat
dibuat
dibuat
dilibatkan
dilibatkan
mendukung
mendukung
tidak ada
3 kamar
tidak ada
tidak ada
kurang
belum ada
tidak ada
tidak ada
tidak ada
tidak ada
tidak ada
tidak ada
a) terprogram
b) dilaksanakan
c) dilaksanakan
a) mendukung
b) mendukung
|
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
|
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
P
|
b. Pemecahan
masalah:
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan untuk sasaran pertama, maka
ada beberapa factor yang tidak siap. Untuk mengatasi factor-faktor yang tidak
siap maka dilaksanakan alternatif pemecahan masalah sebagai berikut :
1) Untuk pemenuhan kekurangan guru pembimbing yang professional, dengan
kebijakan kepala sekolah menugaskan guru matapelajaran yang senior untuk
bertugas menjadi guru pembimbing dengan syarat minimal harus atau pernah ikut
pelatihan dan penataran tentang pengembangan potensi anak
2) Untuk memfasilitasi terlaksanakannya tadarusan harus ditunjang oleh
jumlah Al-Quran yang cukup memadai dan guru jam pertama atau wali kelas sebagai
pengawas kegiatan tersebut agar lebih ditingkatkan (setiap anak satu Al-Quran)
3) Untuk memfasilitasi terlaksananya sholat jumatan di sekolah antara
lain perlu dibangun mesjid yang memenuhi syarat
4) Pembinaan terhadap anak dan guru-guru
dalam rangka kaitan dengan program pembiasaan dalam waktu 1 x 1 semester
5) Untuk pemenuhan kesiapan dan antusias
siswa terhadap program sekolah pada
umumnya kesiswaan berupaya untuk :
a)
Mengadakan pembinaan secara langsung 2 kali dalam satu tahun
b) Siswa diberi buku acuan tentang program
sekolah
c)
Adanya pembagian tugas yang jelas bagi siswa yang menjadi pengurus kelas
d)
Memotivasi siswa agar tumbuh pada dirinya rasa memiliki apa yang ada di
sekolah
e)
Memotivasi siswa pentingnya kesadaran dalam pelaksanaan pembiasaan di
sekolah
6) Untuk
memfasilitasi kantin-kantin yang ada di sekolah agar tempatnya terbuka dan
sehat antara lain :
a) Penyediaan lokasi untuk kantin disediakan
oleh sekolah secara Cuma-Cuma dan bisa
ditambah ayu diperbaiki oleh pengguna
b) Memotivasi pengguna kantin agar bisa
mendukung kepada program sekolah dengan
penuh tanggung jawab
7) Memotivasi siswa dan warga sekolah untuk
menumbuhkan antusias terhadap sodakoh
atau infak untuk
perbaikan mesjid. Dan
memotivasi para mantan atau alumni agar bisa menyisihkan dari penghasilan melalui
kotak amal yang disediakan ditempat tertentu
8)
Memotivasi siswa tentang pentingnya membaca Al-Quran serta pelaksanaan sholat
yang dilaksanakan disekolah minimal setiap siswa memiliki satu Al-Quran, mukena
dan sarung.
Sasaran
5 :
Penataan lingkungan yang asri dan nyaman
serta bermanfaat multi fungsi bagi warga sekolah
a.
Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
|
Kriteria kesiapan
|
Kondisi nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
|
Siap
|
Tidak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Fungsi
Ketenagaan
a.
Faktor Internal
·
Kesiapan guru pengajar
·
Jumlah pesuruh
b.
Faktor Eksternal
·
Kerja sama dengan siswa
·
Kerja sama dengan kantin sekolah
2. Fungsi Kurikulum
a.
Faktor Internal
·
Pemanfaatan taman untuk
Pembelajaran
·
Pembelajaran di luar kelas
b.
Faktor Eksternal
·
Kurikulum yang
mendukung
pembelajaran
3.
Fungsi kesiswaan
a. Faktor Internal
·
Pembuatan jadwal piket
harian dan mingguan
·
Melaksanakan jumat
Bersih
c.
Faktor Eksternal
·
Dukungan orang tua
terhadap kebersihan
·
Dukungan masyarakat sekitar
sekolah
4.
Fungsi sarana
a. Faktor Internal
·
Sarana kebersihan
o
Tempat sampah
o
Sapu lidi dan sapu ijuk
o
Mesin rumput
o
Instalasi air untuk
Tanaman
·
Sarana kenyamanan ruang
Pembelajaran Memiliki
pentilasi udara
|
100% guru
memeriksa kebersihan kelas
1 orang
100 % mendukung
100 % mendukung
100%
dimanfaatkan
50% dilaksanakan
Ada lengkap
Ada
Setiap Jumat
100 % mendukung
100 % mendukung
Tersedia lengkap
Ada lengkap
|
100% guru
memeriksa kebersihan kelas
1 orang
60 % mendukung
60 % mendukung
80%dimanfaatkan
50% dilaksanakan
Ada tidak lengkap
Ada
Setiap Jumat
50 % mendukung
50 % mendukung
Tersedia blm.
Lengkap
Ada belum lengkap
|
ü
ü
ü
ü
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
|
·
Sarana kerindangan lingkungan
sekitar
o
perindang lingkungan
5. Fungsi Humas
a. Faktor Internal
·
Fartisifasi orang tua
·
Fartisipasi komite sekolah
b. Faktor Eksternal
·
Partisipasi masyarakat
sekitar
|
Memenuhi
Mendukung
Tinggi
|
Blm.Memenuhi
Mendukung
Rendah
|
ü
|
ü
ü
|
b. Pemecahan Masalah
Berdasarkan analisis yang dilakukan sasaran kelima, maka
ada factor yang tidak siap. Untuk mengatasi faktor-faktor yang tidak siap maka
dilaksanakan alternatif pemecahan sebagai berikut:
1) Melakukan kerja sama dengan siswa
untuk menciptakan lingkungan bersih dengan menempatkan tong sampah di depan
setiap kelas
2) Memberikan pengarahan kepada
pengelola kantin sekolah untuk melaksanakan kebersihan lingkungan sekolah
3) Melaksanakan
lintas pembelajaran antar matapelajaran
4) Memberikan himbauan kepada orang tua siswa
tentang pentingnya kebersihan lingkungan
sekitar
5) Melakukan
bakti social dengan masyarakat sekitar lingkungan sekolah
6)
Menginventarisir kelengkapan kebersihan lingkungan sekolah
7) Melengkapi ventilasi ruangan kelas
yang belum sempurna/ belum memenuhi syarat
kesehatan
8) Menambah
tanaman-tanaman perindang lingkungan sekolah
9) Mengajak masyarakat sekitar untuk
bekerja sama menciptakan lingkungan sekitar menjadi bersih
B. Program Kerja Tahunan
1.
Rencana Kerja 1
a. Penyampaian informasi kepada guru,
siswa, orang tua:
1) Mengadakan rapat dengan guru dan karyawan
2) Menyampaikan informasi dalam upacara
3)
Mengadakan brifing
4) Mengadakan rapat dengan orang tua
b. Pemberdayaan tim pengembang:
1) pembentukan tim pengembang
2) Pembagian tugas tim pengembang
3) Melakukan pertemuan tim pengembang
4). Penyusunan RPS
c. Melakukan Inovasi MBS:
1)
Mengikuti berbagai pelatihan
2)
Melengkapi administrasi
3)
Melakukan koordinasi dengan
dinas
4)
Melakukan kegiatan KKKS
5)
Monitoring dan evaluasi
kegiatan.
2.
Rencana Kerja 2
a. Melengkapi fasilitas pembelajaran:
1)
Menambah buku sumber
2)
Memperbanyak dokumen kurikulum
3)
Menata ruang kelas
4)
Membuat silabus, RPP
5)
Melengkapi media
6)
Menggunakan multi metode
7)
Melakukan Penilaian berbasis
kelas
8)
Remedial teching
9)
Supervisi
b.
Peningkatan pemahaman pembelajaran:
1)
Pembagian tugas guru yang
relevan
2)
Pengendalian kegiatan
pembiasaan
3)
Kontnuitas kegiatan KKG
4)
Mengikuti kursus bahasa Inggris
5)
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
c. Pemberdayaan perpustakaan:
1)
Mengidentifikasi buku
2)
Penataan perpustakaan
3)
Pembuatan jadwal
4)
Aksesoris ruangan
d. Melengkapi sarana dan prasarana
1)
Pengadaan komputer
2)
Melengkapi peraga
3)
Pengadaan ATK
e. Monitoring dan evaluasi
1)
Profil siswa
2)
Penyusunan laporan hasil
kegiatan
3)
Refleksi hasil laporan
4)
Insentif penanggung jawab
program
3.
Rencana Kerja 3
a. Membentuk Struktur Organisasi:
1)
Membentuk koordinator
Ekstrakurikuler
2)
Membentuk Pengurus setiap jenis
ekstrakurikuler
b. Membuat
Tatatertib:
1)
Menyusun tatib ekstrakurikuler
2)
Mensosialisasikan tatatertibib
ekstrakurikuler
c. Sosialisasi ekstrakurikuler
1)
Sosialisasi saat PSB
2)
Sosialisasi saat upacara
3)
Sosialisasi saat rapat dengan
komite
4)
Soaialisasi pada kenaikan kelas
d. Menginventarisasi siswa:
1)
Perngumuman kegiatan
Ekstrakurikuler
2)
Mendaftar peserta
ekstrakurikuler
3)
Klasifikasi bakat minat siswa
e. Jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler:
1)
Rapat pembimbing
2)
Sosialisasi dengan warga
3)
Menyusun jadwal kegiatan
f. Evaluasi
dan pelaporan:
1)
Porseni tingkat sekolah
2)
Mengadakan kegiatan persahabatan
3)
Laporan daftar hadir
4.
Rencana Kerja 4
a. Membuat Struktur organisasi peningkatan Imtaq:
1)
Sosialisasi terhadap warga
& orang tua
2)
Menyusun struktur organisasi
3)
Menyusun tugas dan fungsi
b. Membuat acuan nuansa Islami:
1)
Membuat buku pembiasaan
2)
Pengisian biodata peserta
3)
Menganalisis buku pembinaan
c. Melaksanakan nuansa Islami:
1)
Membudayakan 5 S (Senyum, Sapa,
Salam, Sopan, Santun)
2)
Tadarusan sebelum PBM
3)
Kuliah tujuh menit
4)
Sholat dhuhur berjamaah
5)
Sholat Jumatan
6)
Santapan rohani bagi guru
7)
Melaksanakan PHBI
8)
Melaks pesantren bulan Romadon
9)
Kegiatan keputrian
10)
Berbusana muslim
d. Monitoring dan Evaluasi
1)
Pelaporan dan evaluasi
2)
Monitoring dan evaluasi
5.
Rencana Kerja 5
a. Membentuk
tim pengelola taman:
1)
Sosialisasi dengan guru dan
siswa
2)
Memilih guru sebagai tim
3)
Membuat struktur pengelola
4)
Membuat administrasi pengelola
b. Membentuk panitia lomba:
1)
Membentuk tim juri
2)
Membuat jadwal lomba
3)
Pelaporan hasil lomba
4)
Monitoring dan pelaporan
c. Membuat jadwal pemantauan:
1)
Membuat buku pemantauan
2)
Membuat absensi
3)
Membuat grafik pemantauan
d. Pengadaan sarana dan
prasarana
1)
Menambah varietas dan renovasi
2)
Pembuatan pagar dan penghijauan
3)
Menambah alat kebersihan
e. Monitoring dan Evaluasi
1)
Monitoring
2)
Evaluasi
C. Pelaksanaan Program
Pelaksanaan Program dapat dilihat pada Rencana
Pelaksanaan Kegiatan Program Pengembangan Sekolah Tahun Pelajaran 2011/2012.
(Terlampir)
BAB IV
RENCANA ANGGARAN SEKOLAH
A. Alokasi Program
1. Program Strategis
1. Seluruh warga sekolah
wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
2. Peningkatan
profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran.
3. Pengembangan bakat
minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
4. Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah,
keluarga dan masyarakat.
5. Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri
2. Rasio Prioritas
Program dan Anggaran
a. Prioritas Program
Untuk menentukan prioritas program , maka kami melakukan analisis
program, berdasarkan USG (Urgency), Seriosnes, Growth) suatu analisis yang
meliputi komponen mendesak, gawat, dan dampak dari suatu program.
ANALISIS PROGRAM
BERDASARKAN USG
NO
|
Variable
Misi
|
Urgency
(Mendesak
|
Serousnes
(gawat)
|
Growth
(dampak)
|
Jumlah
|
1
|
Kinerja Personal
|
4
|
4
|
4
|
12
|
2
|
Kualitas pembelajaran
|
5
|
5
|
5
|
15
|
3
|
Pengembangan bakat dan minat
|
3
|
3
|
3
|
9
|
4
|
Budaya Sekolah
|
3
|
2
|
3
|
8
|
5
|
Basis lingkungan
|
2
|
2
|
2
|
6
|
Jumlah
|
50
|
Berdasarkan
analisis USG tersebut maka diperoleh prioritas program dengan urutan sebagai
berikut:
1)
Kualiatas pembelajaran
2)
Kinerja personal
3)
Pengembangan bakat minat
4)
Budaya sekolah
5)
Basis lingkungan.
b. Prioritas Anggaran
Berdasarkan
analisis USG seperti tampak pada tabel di atas maka Rasio anggaran dapat kita
buat sekala prioritasnya sebagai berikut:
1)
Kualiatas pembelajaran dengan rasio 15 : 50
2)
Kinerja personal dengan rasio 12 : 50
3)
Pengembangan bakat minat 9 : 50
4) Budaya sekolah 8: 50
5) Basis lingkungan 6 : 50
Untuk menentukan besaran Anggaran Pengembangan Sekolah
digunakan rumus:
RN =
P x R
N
P = nilai prioritas
N= kumulatif rentang
R = total anggaran berdasarkan masukan
RN = 100%.
Anggaran SD Negeri Margamulya
untuk tahun pelajaran 2011/2012 sebesar Rp …………......... dari BOS, Rp ………………… dari
BOS Buku, dan Rp ……………… dari biaya rutin; total Rp …………………….. Maka besaran biaya untuk masing-masing
variable adalah:
1) Kualiatas pembelajaran
dengan rasio 15 : 50 x Rp …………….. = Rp ………………
2) Kinerja personal dengan rasio 12 : 50 x Rp ………………
= Rp ……………..
3) Pengembangan bakat minat 9: 50x Rp ……………. = Rp ……………..
4) Basis lingkungan, 8 : 50 x Rp ……………… = Rp ……………...
5) Budaya sekolah 6 : 50.x Rp ………………
= Rp ……………..
Total anggaran = Rp ………………
B. Anggaran Pengembangan Sekolah
Anggaran
pengembangan sekolah secara terperinci sesuai dengan Rencana Kerja Program
Tahunan dapat dilihat pada Rencana Anggaran Pengembangan Sekolah tahun
Pelajaran 2011/2012 (Terlampir).
BAB V
PENUTUP
Kita semua berharap
agar satuan pendidikan yang kita kelola dapat mencapai sekolah yang diharapkan
yaitu sekolah yang ideal. Sekolah
yang terpenuhinya berbagai komponen yang diperlukan antara lain personal,
sarana prasarana, dan proses pendidikannya itu sendiri. Tentu saja hal ini tidak akan tercapai sekaligus dan tanpa upaya
nyata, tetapi harus bertahap untuk meraihnya.
Kehadiran Rencana
Pengembangan Sekolah ini, tentu saja diharapkan agar semua cita-cita dan
harapan menuju sekolah masa depan yang ideal dapat tercapai. Hal ini diperlukan
adanya kekompakkan berbagai komponen yang bertanggung jawab terhadap
pendidikan, yakni pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Tidak mungkin proses
pendidikan akan berhasil dengan baik kalau hanya dilakukan oleh pemerintah saja
tanpa ada peran serta orang tua dan
masyarakat.
Akhirnya semoga
visi, misi, tujuan, dan program-program yang tertuang dan tidak tertuang dalam
RPS SD Negeri Margamulya ini dapat
tercapai dengan baik.
Margamulya, Juli 20011
Kepala Sekolah,
Dra. SUHENAH
NIP.
19580512 197703 2 001
|
No comments:
Post a Comment