Thursday, October 26, 2017

RPS (Rencana Pengembangan Sekolah) SDN Margamulya



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh berbagai komponen yang saling berkaitan. Komponen-komponen tersebut antara lain, pendidik, peserta didik, kurikulum, sumber belajar, media pembelajaran, sarana prasarana. Komponen-komponen tersebut merupakan suatu sistem, artinya antara komponen yang satu dengan komponen lainnya saling mendukung, saling ketergantungan. Jika komponen yang satu terpenuhi tetapi komponen yang lainnya tidak, maka keberhasilan pendidikan tidak akan tercapai.
Kondisi pendidikan saat ini masih jauh dari yang diharapkan karena komponen pendukungnya masih kekurangan. Oleh karena itu harus ada upaya konkrit dari berbagai pihak untuk mengatasinya. Pihak-pihak yang terkait dan bertanggung jawab terhadap pendidikan menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional meliputi pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Ketiga pihak penanggung jawab pendidikan tersebut harus mampu membuat inovasi pendidikan yang saat ini cenderung masih banyak kekurangan mwenjadi sekolah maju dan ideal.
Pemerintah sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab terhadap pendidikan sedang berusaha membuat inovasi pendidikan dengan lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Lingkup standar nasional pendidikan mencakup (1) stndar isi, (2) standar proses, (3) standar kompetensi lulusan, (4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, (5) standar sarana prasarana, (6) standar pengelolaan, (7) standar pembiayaan, dan (8) standar penilaian pendidikan.
Sekolah sebagai bagian dari pemerintah berkewajiban untuk mendukung dan merealisasikan PP Nomor 19 tahun 2005 tersebut.  Untuk mewujudkan harapan tersebut kini SD Negeri Margamulya menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sebagai upaya nyata menuju sekolah masa mendatang yang ideal sebagaimana yang diharapkan.

B.     Landasan Hukum

1.      UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional.
2.      PPRI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.      Permendiknas Nomor 13 tentang Tugas pokok dan fungsi Kepala Sekolah.
4.      Keputusan Rapat Komite Sekolah.

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ini antara lain senagai berikut:
  1. Sebagai upaya untuk mendeskripsikan keadaan SD Negeri Margamulya saat ini
  2. Sebagai upaya untuk mendeskripsikan sekolah masa mendatang yang ideal.
  3. Sebagai pedoman untuk mengembangkan sekolah sesuai dengan visi dan misi.
  4. Sebagai pemberi arah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
D. Tahapan Penyusunan 1

 Ue
  1. Bersama-sama dengan tim pengembang sekolah , menganalisis strategi sekolah yang
 ideal
      2.  Bersama-sama dengan tim pengembang sekolah, menganalisis situasi sekolah yang  ada saat ini dari berbagai komponen
      3.  Bersama-sama dengan tim pengembang sekolah, membuat formulasi sekolah yang   diharapkan yang ideal.
4.    Menentukan kesenjangan antara sekolah saat ini dengan situasi sekolah yang   
      diharapkan.
5.   Menyusun rencana pengembangan sekolah mulai dari visi dan misi sekolah.



























a

BAB II   
TUJUAN SEKOLAH

A.  Visi

      Visi SD Negeri Margamulya :
” Terwujudnya peserta didik yang berakhlakul karimah dan unggul dalam prestasi ”

B. Misi
Misi SD Negeri Margamulya        :
1.     Menumbuhkan kesadaran dan penghayatan terhadap pengamalan Agama
2.    Mendorong dan menumbuhkembangkan semangat berprestasi
3.    Optimalisasi pembelajaran yang aktif, inopatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
4.    Optimalisasi kegiatan ekstarkurikuler sesuai minat dan bakat siswa
5.    Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif sebagai komunitas pembelajaran
6.    Menciptakan managemen sekolah yang terbuka dan demokratis

C.    Tujuan
      Tujuan SD Negeri Margamulya :
1.      Semua warga sekolah bertanggung jawab atas tugas pokok dan fungsinya.
2.      Kualitas akademis menunjukkan prestasi yang memuaskan.
3.      Kualitas nonakademis dimiliki siswa sebagai life skill.
4.      Kualitas keimanan warga sekolah dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Lingkungan sekolah tertata rapih, sehingga warga sekolah merasa aman dan nyaman.

D.    Sasaran

1.      Meningkatnya kesadaran rasa tanggung jawab warga sekolah  sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
2.      Meningkatnya profesionalisme guru sehingga kualitas akademik menunjukkan prestasi yang memuaskan.
3.      Meningkatnya prestasi nonakademis selaras dengan minat dan bakat siswa.
4.      Meningkatnya pembentukan karakter siswa sehingga memiliki budi pekerti, sikap dan prilaku yang terpuji.
5.      Meningkatnya penataan lingkungan sekolah yang asri, nyaman serta bermanfaat multi fungsi bagi warga sekolah.

E.     Program Strategis
1.      Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
2.      Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran.
3.      Pengembangan bakat minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
4.      Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah, keluarga dan masyarakat.
5.      Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri

F.     Strategi Pelaksanaan Program
      1.  Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
           Strategi yang lakukan untuk melaksanakan program tersebut di atas antara lain dengan melakukan
           a. Membuat tatatertib kehidupan  sekolah
           b. Membuat  sturktur organisasi  gerakan disiplin
           c. Mensosialisasikan tatatertib kehidupan sekolah kepada warga sekolah.
           d. Melakukan tertib administrasi tatatertib  gerkan disiplin.
           e. Melakukan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan
      2. Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran
          a. Mengikutsertakan kegiatan seminar bagi guru dan kepala sekolah.
          b. Mengikutsertakan kegiatan pendidikan dan latihan bagi guru dan kepala sekolah.
          c. Mengadakan kegiatan KKG,dan  diskusi sekolah
          d. Memberikan motivasi bagi guru untuk melanjutkan studi
          e. Melakukan penelitian tindakan kelas (PTK)
          f. Mendatangkan nara sumber untuk melakukan diskusi sekolah.
          g. Melengkapi sarana prasarana penunjang pembelajaran
          h. Mengikuti pelatihan komputer
          i.  Mengikuti kursus bahasa Inggris
          j.  Mengadakan Remidial teaching
          k. Melaksanakan Klinik pembelajaran
          l. Melakukan evaluasi diri tentang pembelajaran
    m. Mengadakan Kunjungan pembelajaran ke rumah 
     3.  Pengembangan bakat minat siswa, dijadikan life skill dan prestasi.
          Strategi yang lakukan untuk melaksanakan program tersebut di atas antara lain dengan    melakukan
         a. Menginventarisasi kegiatan ekstrakurikuler yang mungkin dilakukan
         b. Menugaskan guru untuk membimbing kegiatan ekstrakurikuler.
         c. Menyusun Jadwal kegiatan ekstrakurikuler.
         d. Menginventarisasi sarana dan prasarana pendukung
         e. Menginventariasi bakat minat siswa.
         f. Melakukan kegiatan Porseni antarkelas atau antarkelompok.
   g. Melakukan Evaluasi dan pelaporan
    4.  Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah, di keluarga, dan masyarakat.
Strategi yang lakukan untuk melaksanakan program tersebut di atas antara lain dengan melakukan:
         a.  Melaksanakan program  5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun)
         b. Melaksanakan tadarus sebelum kegiatan pembelajaran.
         c. Melaksanakan kuliah tujuh menit (kultum) setiap hari Jumat
         d. Melaksanakan solat dhuhur berjamaah di mesjid terdekat
         e. Melaksanakan solat jumat dan keputrian
         f.  Menyelenggarakan PHBI
         g. Membuadayakan busana muslim setiap hari Jumat.
  1. Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri.
Strategi yang lakukan untuk melaksanakan program tersebut di atas antara lain dengan melakukan
           a. Melaksanakan 7 K (keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kesehatan, kekeluargaan, kenyamanan)
            b. Melaksanakan kegiatan Jumat bersih
c. Melaksanakan perawatan taman sekolah.
d. Membuat slogan-slogan yang mendukung visi, misi sekolah.
            e. Melakukan budaya pungut sampah
f.  Mengantisipasi terjadinya aksi corat-coret pada sarana dan prasarana sekolah. 
                
G.    OUT PUT YANG DIHARAPKAN:
1. Pada tahun 2012 SD Negeri Margamulya Kecamatan Cikatomas menjadi sekolah yang memiliki warga sekolah berdisiplin dan bertanggung jawab atas tugas pokok dan fungsinya.
2. Pada tahun 2012 kualitas akademis siswa menunjukkan standar kompetensi lebih dari 80%
3. Pada tahun 2012 para siswa meiliki life skill yang memadai untuk bekal hidupnya.
4. Pada tahun 2012 warga sekolah dapat menunjukkan budaya islami dalam kehidupan sehari-hari.
5. Pada tahun 2012 SD Negeri Margamulya dapat dirasakan sebagai rumah kedua setelah rumah sendiri yang dapat mendukung suasana yang nyaman.




BAB III
PROGRAM KERJA

 A. Analisis Program Strategis
      1. Sasaran
           a. Tahun ke-1
             1).  Minimal 60 % Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
            2).    Minimal 60 % Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan  
                     pembelajaran.
            3 ).   Minimal 60 % Pengembangan bakat minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
            4).    Minimal 60 %  Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah, keluarga dan           
                     masyarakat.
            5).    Minimal 60 % Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri
           b. Tahun ke-2
           1).  Minimal 70 % Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi  
                  masing-masing.
            2). Minimal 70 %  Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan
                  pembelajaran.
            3). Minimal 70 % Pengembangan bakat minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
            4). Minimal 70 % Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah, keluarga dan masyarakat.
            5). Minimal 70 % Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri
           c. Tahun ke-3
           1).  Minimal 80 % Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
            2). Minimal 80 % Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan
                 pembelajaran.
            3). Minimal 80 %  Pengembangan bakat minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
            4). Minimal 80 % Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah, keluarga dan masyarakat.
            5). Minimal 80 % Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri
            d. Tahun ke-4
           1).  Minimal 90 % Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
            2). Minimal 90 % Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan
                  pembelajaran.
            3). Minimal 90  % Pengembangan bakat minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
            4). Minimal 90 %  Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah, keluarga dan masyarakat.
            5). Minimal 90  % Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri

      2. Analisis SWOT dan Pemecahan Masalah
          Sasaran 1:
           Kepala Sekolah, Guru, dan siswa menyadari penuh akan tanggung jawabnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
           a. Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
Kriteria kesiapan
Kondisi nyata
Tingkat
Kesiapan Faktor


Siap
Tidak

1
2
3
4
5

a. Fungsi frogram
    1)  Faktor internal
         a) Inovasi manajemen
             berbasis sekolah
         b) Panduan penyusunan
             rencana operasional
             sekolah
    2)  Faktor eksternal
         a) pemahaman stakeholder
             tentang rencana strategis
             dan rencana operasional
             sekolah

b.  Fungsi Kelembagaan
   1)  Faktor Internal
         a)  Team sekolah
         b)  Job Description
           c)  Sosialisasi
           d)  Pertemuan stakeholder
           e)  Penyusunan Renta dan Renop
           f)   Pengendalian program
a.       Pelaporan

        2)  Faktor Eksternal
           a)  Kesiapan Komite Sekolah dan
                stakeholder
  c.   Fungsi Sarana dan Prasarana
    1) Faktor Internal :
          a) Tempat pertemuan
          b) ATK
  d.  Fungsi Keuangan
    1) Faktor Internal :
          a) dana
          b) Alokasi anggaran

   2)  Faktor Eksternal
          a) Dukungan dari orang tua siswa
          b) Dukungan dari pemerintah


a) tinggi

b) ada




a) difahami secara utuh



a) Ada
b) Dibuat
c) Dilaksanakan
d) Dilaksanakan
    periodik
e) Dilaksanakan
f) Terlaksana periodik
g) Dibuat periodik

a) siap



a) Tersedia
b) Tersedia


a) ada dan memadai
b) tersedia dan memadai

a) Ada dan memadai
b) Ada dan memadai


a) cukup tinggi

b) ada




a)belum difahami
   secara utuh



a) Ada
b) Ada
c) Dilaksanakan
d) Belum  Periodik
e) Dijadwalkan
f) terlaksana
g) Dibuat periodic

a) siap


a) Tersedia
b) Belum memadai

a) Belum memadai
b) Belum memadai
a) Tidak memadai
b) Tidak


P

P








P
P
P







P

P


















P







P

P
P
P





P


P

P

P

P




      b. Pemecahan masalah:
          Hasil analisis SWOT pada sasaran 1 didapat beberapa masalah sesuai dengan kondisi nyata tingkat kesiapan faktor, maka alternatif pemecahan masalah untuk sasaran 1 adalah:

      1) Penyampaian informasi kepada guru, siswa, dan orang tua siswa tentang rencana pengembangan sekolah
      2) Pengkajian Panduan Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Operasional
      3) Menganalisa Rencana Strategis dan Rencana Operasional yang sesuai dengan kebutuhan yang perlu dikembangkan
      4) Inovasi manajemen sekolah dengan berorientasi secara menyeluruh kepada manajemen berbasis sekolah
      5) Pembuatan dan penyusunan monitoring dan evaluasi program
      6) Sosialisasi pada seluruh warga sekolah dan orang tua siswa










       Sasaran 2 :
        Melalui Profesionalitas, kualitas Akademis seluruh mata pelajaran menunjukkan   prestasi yang memuaskan
        a. Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
Kriteria kesiapan
Kondisi nyata
Tingkat
Kesiapan Faktor


Siap
Tidak

1
2
3
4
5

 Pendukung PBM
1.  Faktor Internal
     a.  Penggunaan metoda pembelajaran

     b.  Pemberdayaan siswa



     c.  Perilaku siswa


     d.  Hubungan guru dan siswa
     e.  Penggunaan waktu belajar

2.      Faktor Eksternal
a. Kesiapan siswa menerima pelajaran
b. Dukungan orang tua dalam meningkatkan motifasi belajar
c. Lingkungan sosial sekolah

d. Lingkungan Fisik sekolah




Bervariasi

Guru mampu memberdayakan siswa

Disiplin aman dan tertib

Akrab
Efektif


Siap
Tinggi

Konduktif

Nyaman tenang


Cukup bervariasi

Guru cukup mampu


Cukup disiplin dan tertib

Akrab
Efektif


Siap
Cukup baik

Cukup Konduktif

Nyaman namun perlu ditingkatkan/ renovasi


Siap

P



P


P
P

P
P

P

P





P






















Fungsi Pendukung Ketenagaan
1.   Faktor Internal
      a.    Jumlah Guru
b.      Kualifikasi Guru
c.       Kesesuaian kelayakan dengan matapelajaran guru
d.      Jumlah jam mengajar
2.  Faktor Eksternal
a.       Pengalaman mengajar guru
b.      Kesiapan guru mengajar
c.       Fasilitas pengembangan diri


Fungsi Pendukung Sarana Perpustakaan
1.  Faktor Internal
a.       Buku setiap matapelajaran

b.      Jumlah buku penunjang

c.       Jumlah lemari dan rak buku
d.      Ruang Perpustakaan
2. Faktor Eksternal
a.       Dukungan orang tua dalam
Melengkapi perpustakaan

b.       Kerja sama dengan perpustakaan
      lain yang lengkp
c.   Kesesuaian buku penunjang dengan  
      potensi daerah dan pengembangan
      iptek

Fungsi Sarana/ Prasarana
1. Faktor Internal
a.       Bahan ajar

b.      Kurikulum lokal

c.       Ruang belajar/ kelas


d.      Fasilitas/ peralatan
e.       Media Pendidikan
f.       Perpustakaan sebagai pusat ilmu


g.       Pelayanan perpustakaan yang
Memadai
2  Faktor Eksternal
a.       Bantuan dari orang tua siswa/ masyarakat
     b) Bantuan dari pemerintah


Memkai rasio 1:18
Pend.Guru min S1
Konduktif

Rata-rata 18 jampel

Rata-rata pengalaman mengajar 5 tahun
Memadai
Tersedia




Cukup dan lengkap

Cukup dan lengkap

Cukup
Luas bersih dan rapih

Mendukung


Ada kerja sama

Tingkat kesesuaian





a) Tersedia memadai

b) Tersedia memadai

c)  Fasilitasnya lengkap

d)  Tersedia lengkap
e)  Tersedia lengkap
f)  Tersedia buku penunjang siswa

g) memadai


a)  Memadai

b)  Memadai


Rasio 1:18
75% tamatan D2
80 %

rata-rata 18 JP

Rata-rata pengalaman mengajar 5 tahun
Cukup memadai
Cukup tersedia



kurang lengkap

kurang lengkap

kurang lengkap
Tidak cukup dan kurang lengkap
Kurang


Tidak ada

Kurang sesuai




Tersedia

Tersedia

Lengkap


Kurang lengkap
Kurang lengkap
Kurang lengkap

Tidak ada


Tidak ada

Tidak memadai




P

P

P


P
P


P
















P
P

P







P
P













P

P
P

P


P

P











P
P
P

P


P

P



      b. Pemecahan masalah:
    Agar fakor-faktor yang tidak siap sesuai kondisi nyata maka alternatif pemecahan persoalan pada sasaran 2 adalah sebagai berikut :
    1) Pengadaan fasilitas pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2004
    2) Peningkatan metoda pembelajaran yang mengarah pada kompetensi
    3) Penataan ruang belajar sesuai standar kelayakan
    4) Pemberdayaan perpustakaan sekolah
    5) Pengadaan sarana prasarana
    6) Monitoring dan evaluasi

        Sasaran 3 :
        Prestasi di bidang non akademis meningkat selaras dengan minat dan bakat siswa
        a. Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
Kriteria kesiapan
Kondisi nyata
Tingkat
Kesiapan Faktor


Siap
Tidak

1
2
3
4
5

a. Fungsi Siswa
1) Faktor Internal
a) Jumlah siswa tiap ekstrakulikuler
b) Motivasi siswa
c) Latar belakang/ minat siswa tiap
    ekstrakulikuler
d) Bakat
e) Postur tubuh
2) Faktor Eksternal
     a) Dukungan orang tua
     b) Dukungan Lingkungan
     c) Dukungan instansi terkait

b. Fungsi Pendukung : Ketenagaan
1) Faktor Internal
    a. Jumlah pelatih

    b. Kualifikasi pelatih
    c.  Relepansi pelatih
2) Faktor Eksternal
    a. Pengalaman pelatih

    b. Kesiapan pelatih
c. Fungsi Latihan
1) Faktor Internal
    a. Tipe Latihan
    b. Itensitas latihan
    c. Waktu latihan
    d. Motivasi pelatih
2) Faktor Eksternal
    a. Dukungan orang tua
    b. Dukungan lingkungan


a) merata
b) Tinggi
c) Tinggi

d) Sesuai
e) Sesuai

a) Tinggi
b) Tinggi
c) Tinggi



a) Memadai

b) 80 % dan sesuai
c) ada dan kurang

a) Pengalaman > 3 th

b) Tinggi


a)  Teratur
b)  80 %
c)  2-3 kali/minggu
d) Tinggi

a)  Tinggi
b)  Tinggi



a) Kurang
b) Tinggi
c) Kurang

d) Kurang
e) Kurang

a) Cukup tinggi
b) Kurang
c) Kurang



a) cukup 
    memadai
b) 50 %
c) ada/ kurang

a) Pengalaman >5 th
b) Tinggi


a) Kurang
b) 40 %
c) 1 kali/minggu
d) Tinggi

a) Kurang
b) Kurang



P




P






P

P


P

P




P
P



P

P

P
P


P
P





P






P
P



P
P



d. Fungsi Pendukung Sarana  Prasarana
1)  Faktor Internal
a.       Alat Olahraga
b.      Alat Kesenian
c.       Jml.alat olahraga
d.      Jml.Alat kesenian
2)      Faktor Eksternal
a. Dukungan orang tua dlm melengkapi kebutuhan




a)  Cukup & lengkap
b)  Cukup & lengkap
c)  Cukup & lengkap
d)  Cukup & lengkap

a) Tinggi



a) cukup
b) Kurang
c) Cukup
d) Kurang

a) Kurang



P

P





P

P

P




b.      Pemecahan masalah:
           Dari hasil analisis yang telah dilakukan ada beberapa factor yang belum siap. Untuk mengatasi factor yang belum siap maka dilaksanakan alternatif pemecahan masalah
            1)  Penjaringan siswa yang tepat dalam memilih ekstrakulikuler selain menurut bakat dan minat siswa, juga disesuaikan dengan kebutuhan dari cabang ekstrakulikuler yang dipilih
            2)  Sosialisasi dengan orang tua tentang Ekstrakulikuler yang ada di Sekolah Dasar Negeri Margamulya pada waktu tahun ajaran baru dan pembagian raport
            3)  Mengirimkan pembina pada pelatihan sesuai bidangnya
         4)  Jadwal latihan diperbanyak disesuaikan dengan kebutuhan tiapekstrakulikuler
         5)  Try out dengan lingkungan luar sekolah untuk mengevaluasi hasil dari latihan
         6)  Melengkapi sarana Prasarana yang dibutuhkan oleh tiap ekstrakulikuler
            7)  Mengikuti even-even yang ada didalam dan luar kecamatan sebagai ajang prestasi

     Sasaran 4:
     Meningkatnya pembentukan karakter siswa sehingga memiliki budi pekerti, sikap dan prilaku yang terpuji.
     a. Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
Kriteria kesiapan
Kondisi nyata
Tingkat
Kesiapan Faktor


Siap
Tidak

1
2
3
4
5

a. Fungsi Ketenagaan
    1) Faktor Internal
a.       Guru agama
b.      Jenis guru PAI
c.       Pengalamanmengajar
    2)  Faktor Eksternal
a.       Kepedulian guru lain
b.      Kepedulian DKM
c.       Kepedulian guru BK
d.      Partisipasi masyarakat sekitar sekolah



a) 1 orang
b) 100% layak
c) > 5 thn.

100 % mendukung
100 % mendukung
100 % mendukung
Aktif



a) 1 orang
b) 100% layak
c) > 5 thn.

mendukung
mendukung
mendukung
mendukung



P
P
P

P
P
P
P






b. Fungsi Kurikulum
    1. Faktor internal:
        a) Jumlah jampel PAI
        b) Kurikulum yang digunakan
        c) KKG PAI
        d) Evaluasi
   2. Faktor eksternal:
       a) Kegiatan eskul BTQ
       b) Tadarusan sebelum PBM
       c) Sholat berjamaan di sekolah
       d) Solat Jumat di sekolah
       e) PHBI
       f) Pesantren

c. Fungsi Kesiswaan
    1. Faktor internal
       a) kesiapan siswa
       b) antusias siswa
       c) status keagamaan siswa
       d) tatatertib siswa
       e) buku masalah siswa
       f) buku kendali siswa
    2. Faktor eksternal
      a) keterlibatan guru
      b) keterlibatan komite
      c) dukungan orang tua
      d) keterlibatan petugas kantin

d.  Fungsi sarana Prasarana
     1. Faktor Internal
         a) ada mesjid
         b) kamar kecil siswa/guru
         c) lokasi tempat wudu
         d) ukuran mesjid
         e) Ada Alquran
    2. Faktor eksternal
        a) perangkat soalt
        b) sound system mesjid
        c) alas solat
        d) tenda penggabung mesjid
        e) kipas angin
        f) pengurus mesjid
        g) rak sandal /sepatu

e. Fungsi Humas
    1. Faktor Internal:
a) adanya pembiasaan
b) sosialisasi kepada orang tua
c) zakat di sekolah
    2. Faktor eksternal:
        a) dukungan orang tua
        b) dukungan masyarakat



a) 3 jam/minggu
b) KTSP
c) 2x/bulan
d. dilaksanakan

a) Ada
b) dilaksanakan
c) Istirahat ke-2
d) dilaksanakan
e) 3 kali /tahun
f) 1 kali/tahun



a) 100 % siap
b) 100% antusias
c) 100% Islam
d) dibuat
e) dibuat
f) dibuat

a) 100% dilibatkan
b) 100% dilibatkan
c) mendukung
d) mendukung



a) ada 1
b) ada 8 kamar
c) memadai
d) 20 x 20 cm
e) 1 alquran: 1siswa

a) mukena 30,   sarung 30
b) 1 set lengkap
c) 40 lb. (0,6 x1m)
d) 11 x 12m
e) 4 buah
f) ada
g) 4 buah


a) terprogram
b) dilaksanakan 3 x
c) dilaksanakan 1 x

a) mendukung
b) mendukung


3 jam/minggu
KTSP
1 kali/bulan
dilaksanakan

belum
belum
belum
tidak mungkin
3 kali/tahun
1 kali/tahun



siap
siap
100% Islam
dibuat
dibuat
dibuat

dilibatkan
dilibatkan
mendukung
mendukung



tidak ada
3 kamar
tidak ada
tidak ada
kurang

belum ada

tidak ada
tidak ada
tidak ada
tidak ada
tidak ada
tidak ada


a) terprogram
b) dilaksanakan
c) dilaksanakan

a) mendukung
b) mendukung



P
P
P
P

P
P


P
P
P



P
P
P
P
P
P


P
P
P
P







P

P

P




P


P
P


P
P










P
P



















P
P
P
P
P





P
P
P
P





P




b. Pemecahan masalah:
     Berdasarkan analisis yang telah dilakukan untuk sasaran pertama, maka ada beberapa factor yang tidak siap. Untuk mengatasi factor-faktor yang tidak siap maka dilaksanakan alternatif pemecahan masalah sebagai berikut :
  1) Untuk pemenuhan kekurangan guru pembimbing yang professional, dengan kebijakan kepala sekolah menugaskan guru matapelajaran yang senior untuk bertugas menjadi guru pembimbing dengan syarat minimal harus atau pernah ikut pelatihan dan penataran tentang pengembangan potensi anak
  2) Untuk memfasilitasi terlaksanakannya tadarusan harus ditunjang oleh jumlah Al-Quran yang cukup memadai dan guru jam pertama atau wali kelas sebagai pengawas kegiatan tersebut agar lebih ditingkatkan (setiap anak satu Al-Quran)
     3) Untuk memfasilitasi terlaksananya sholat jumatan di sekolah antara lain perlu dibangun mesjid yang memenuhi syarat
     4) Pembinaan terhadap anak dan guru-guru dalam rangka kaitan dengan program pembiasaan dalam waktu 1 x 1 semester
     5) Untuk pemenuhan kesiapan dan antusias siswa terhadap program sekolah pada   umumnya kesiswaan berupaya untuk :
   a)  Mengadakan pembinaan secara langsung 2 kali dalam satu tahun
   b) Siswa diberi buku acuan tentang program sekolah
   c)  Adanya pembagian tugas yang jelas bagi siswa yang menjadi pengurus kelas
  d)  Memotivasi siswa agar tumbuh pada dirinya rasa memiliki apa yang ada di sekolah
  e)  Memotivasi siswa pentingnya kesadaran dalam pelaksanaan pembiasaan di sekolah
   6) Untuk memfasilitasi kantin-kantin yang ada di sekolah agar tempatnya terbuka dan sehat antara lain :
a)  Penyediaan lokasi untuk kantin disediakan oleh sekolah secara Cuma-Cuma dan bisa
     ditambah ayu diperbaiki oleh pengguna
b)  Memotivasi pengguna kantin agar bisa mendukung kepada program sekolah dengan
     penuh tanggung jawab
    7) Memotivasi siswa dan warga sekolah untuk menumbuhkan antusias terhadap sodakoh
       atau infak untuk perbaikan mesjid. Dan memotivasi para mantan atau alumni agar bisa       menyisihkan dari penghasilan melalui kotak amal yang disediakan ditempat tertentu
     8) Memotivasi siswa tentang pentingnya membaca Al-Quran serta pelaksanaan sholat yang dilaksanakan disekolah minimal setiap siswa memiliki satu Al-Quran, mukena dan sarung.




  Sasaran 5 :
     Penataan lingkungan yang asri dan nyaman serta bermanfaat multi fungsi bagi warga sekolah
     a. Analisis SWOT
Fungsi dan faktornya
Kriteria kesiapan
Kondisi nyata
Tingkat
Kesiapan Faktor
Siap
Tidak
1
2
3
4
5
1. Fungsi Ketenagaan
a.       Faktor Internal
·         Kesiapan guru pengajar


·         Jumlah pesuruh
b.      Faktor Eksternal
·         Kerja sama dengan siswa
·         Kerja sama dengan kantin     sekolah
2.  Fungsi Kurikulum
a.       Faktor Internal
·           Pemanfaatan taman untuk
                  Pembelajaran
·           Pembelajaran di luar kelas
    • IPA
    • Matematika
    • Seni
    • IPS
b.      Faktor Eksternal
·               Kurikulum yang
         mendukung pembelajaran
3.      Fungsi kesiswaan
a.  Faktor Internal
·               Pembuatan jadwal piket
         harian dan mingguan
·               Melaksanakan jumat
         Bersih
c.       Faktor Eksternal
·               Dukungan orang tua
         terhadap kebersihan
·               Dukungan masyarakat sekitar sekolah
4.       Fungsi sarana
 a.  Faktor Internal
·               Sarana kebersihan
o     Tempat sampah
o     Sapu lidi dan sapu ijuk
o     Mesin rumput
o     Instalasi air untuk
            Tanaman
·         Sarana kenyamanan ruang
      Pembelajaran Memiliki   pentilasi   udara


100% guru memeriksa kebersihan kelas
1 orang

100 % mendukung
100 % mendukung


100% dimanfaatkan


50% dilaksanakan






Ada lengkap




Ada

Setiap Jumat


100 % mendukung

100 % mendukung



Tersedia lengkap




Ada lengkap



100% guru memeriksa kebersihan kelas
1 orang

60 % mendukung
60 % mendukung


80%dimanfaatkan


50% dilaksanakan






Ada tidak lengkap




Ada

Setiap Jumat


50 % mendukung

50 % mendukung



Tersedia blm. Lengkap



Ada belum lengkap


ü


ü





ü














ü

ü








ü















ü
ü





ü






ü









ü

ü








ü

·         Sarana kerindangan lingkungan sekitar
o       perindang lingkungan

5.       Fungsi Humas

 a.    Faktor Internal
·         Fartisifasi orang tua
·         Fartisipasi komite sekolah
b.   Faktor Eksternal
·         Partisipasi masyarakat sekitar

Memenuhi





Mendukung


Tinggi
Blm.Memenuhi





Mendukung


Rendah
ü





ü



ü

    b. Pemecahan Masalah
Berdasarkan analisis yang dilakukan sasaran kelima, maka ada factor yang tidak siap. Untuk mengatasi faktor-faktor yang tidak siap maka dilaksanakan alternatif pemecahan sebagai berikut:
         1) Melakukan kerja sama dengan siswa untuk menciptakan lingkungan bersih dengan menempatkan tong sampah di depan setiap kelas
2) Memberikan pengarahan kepada pengelola kantin sekolah untuk melaksanakan               kebersihan lingkungan sekolah
   3)   Melaksanakan lintas pembelajaran antar matapelajaran
   4) Memberikan himbauan kepada orang tua siswa tentang pentingnya kebersihan   lingkungan sekitar
  5) Melakukan bakti social dengan masyarakat sekitar lingkungan sekolah
  6) Menginventarisir kelengkapan kebersihan lingkungan sekolah
         7) Melengkapi ventilasi ruangan kelas yang belum sempurna/ belum memenuhi syarat   kesehatan
  8) Menambah tanaman-tanaman perindang lingkungan sekolah
9) Mengajak masyarakat sekitar untuk bekerja sama menciptakan lingkungan sekitar menjadi bersih

B. Program Kerja Tahunan

1.      Rencana Kerja 1
          a. Penyampaian informasi kepada guru, siswa, orang tua:
    1) Mengadakan rapat dengan guru dan karyawan
    2) Menyampaikan informasi dalam upacara
    3) Mengadakan brifing
    4) Mengadakan rapat dengan orang tua
         b. Pemberdayaan tim pengembang:
     1)  pembentukan tim pengembang
 2)  Pembagian tugas tim pengembang
 3)  Melakukan pertemuan tim pengembang
             4). Penyusunan RPS
         c. Melakukan Inovasi MBS:
1)      Mengikuti  berbagai pelatihan
2)      Melengkapi administrasi
3)      Melakukan koordinasi dengan dinas
4)      Melakukan kegiatan KKKS
5)      Monitoring dan evaluasi kegiatan.
2.      Rencana Kerja 2 
a. Melengkapi fasilitas pembelajaran:
1)      Menambah buku sumber
2)      Memperbanyak dokumen kurikulum
3)      Menata ruang kelas
4)      Membuat silabus, RPP 
5)      Melengkapi media
6)      Menggunakan multi metode
7)      Melakukan Penilaian berbasis kelas
8)      Remedial teching
9)      Supervisi
        b. Peningkatan pemahaman  pembelajaran:
1)      Pembagian tugas guru yang relevan
2)      Pengendalian kegiatan pembiasaan
3)      Kontnuitas kegiatan KKG
4)      Mengikuti kursus bahasa Inggris
5)      Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
        c. Pemberdayaan perpustakaan:
1)      Mengidentifikasi buku
2)      Penataan perpustakaan
3)      Pembuatan jadwal
4)      Aksesoris ruangan
        d. Melengkapi sarana dan prasarana
1)      Pengadaan komputer
2)      Melengkapi peraga
3)      Pengadaan ATK
        e. Monitoring dan evaluasi
1)      Profil siswa
2)      Penyusunan laporan hasil kegiatan
3)      Refleksi hasil laporan
4)      Insentif penanggung jawab program

3.      Rencana Kerja 3
          a. Membentuk Struktur Organisasi:
1)      Membentuk koordinator Ekstrakurikuler
2)      Membentuk Pengurus setiap jenis ekstrakurikuler
      b. Membuat Tatatertib:
1)      Menyusun tatib ekstrakurikuler
2)      Mensosialisasikan tatatertibib ekstrakurikuler
         c. Sosialisasi ekstrakurikuler
1)      Sosialisasi saat PSB
2)      Sosialisasi saat upacara
3)      Sosialisasi saat rapat dengan komite
4)      Soaialisasi pada kenaikan kelas
        d. Menginventarisasi siswa:
1)      Perngumuman kegiatan Ekstrakurikuler
2)      Mendaftar peserta ekstrakurikuler
3)      Klasifikasi bakat minat siswa
        e. Jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler:
1)      Rapat pembimbing
2)      Sosialisasi dengan warga
3)      Menyusun jadwal kegiatan
     f. Evaluasi dan pelaporan:
1)      Porseni tingkat sekolah
2)       Mengadakan kegiatan persahabatan
3)      Laporan daftar hadir
4.      Rencana Kerja 4
a. Membuat Struktur organisasi peningkatan Imtaq:
1)      Sosialisasi terhadap warga & orang tua
2)      Menyusun struktur organisasi
3)      Menyusun tugas dan fungsi
     b. Membuat acuan nuansa Islami:
1)      Membuat buku pembiasaan
2)      Pengisian biodata peserta
3)      Menganalisis buku pembinaan
        c. Melaksanakan nuansa Islami:
1)      Membudayakan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun)
2)      Tadarusan sebelum PBM
3)      Kuliah tujuh menit
4)      Sholat dhuhur berjamaah
5)      Sholat Jumatan
6)      Santapan rohani bagi guru
7)      Melaksanakan PHBI
8)      Melaks pesantren bulan Romadon
9)      Kegiatan keputrian
10)  Berbusana muslim
        d. Monitoring dan Evaluasi
1)      Pelaporan dan evaluasi
2)      Monitoring dan evaluasi                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
   
5.      Rencana Kerja 5
       a. Membentuk tim pengelola taman:
1)      Sosialisasi dengan guru dan siswa
2)      Memilih guru sebagai tim
3)      Membuat struktur pengelola
4)      Membuat administrasi pengelola
        b. Membentuk panitia lomba:
1)      Membentuk tim juri
2)      Membuat jadwal lomba
3)      Pelaporan hasil lomba
4)      Monitoring dan pelaporan
        c. Membuat jadwal pemantauan:
1)      Membuat buku pemantauan
2)      Membuat absensi
3)      Membuat grafik pemantauan
        d. Pengadaan sarana dan prasarana
1)      Menambah varietas dan renovasi
2)      Pembuatan pagar dan penghijauan
3)      Menambah alat kebersihan
        e. Monitoring dan Evaluasi
1)      Monitoring
2)      Evaluasi 

C. Pelaksanaan Program

Pelaksanaan Program dapat dilihat pada Rencana Pelaksanaan Kegiatan Program Pengembangan Sekolah Tahun Pelajaran 2011/2012. (Terlampir)


BAB IV
RENCANA ANGGARAN SEKOLAH

A. Alokasi Program

     1. Program Strategis
      1.  Seluruh warga sekolah wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
      2. Peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran.
      3. Pengembangan bakat minat siswa dijadikan life skill dan prestasi.
      4. Membudayakan nuansa Islami selama di sekolah, keluarga dan masyarakat.
      5. Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan asri

     2. Rasio Prioritas Program dan Anggaran
         a. Prioritas Program
            Untuk menentukan prioritas program , maka kami melakukan analisis program, berdasarkan USG (Urgency), Seriosnes, Growth) suatu analisis yang meliputi komponen mendesak, gawat, dan dampak dari suatu program.

ANALISIS PROGRAM BERDASARKAN USG

NO
Variable
Misi
Urgency
(Mendesak
Serousnes
(gawat)
Growth
(dampak)
Jumlah
1
Kinerja Personal

4
4
4
12
2
Kualitas pembelajaran
5
5
5
15

3
Pengembangan bakat dan minat

3
3
3
9
4
Budaya Sekolah

3
2
3
8
5
Basis lingkungan

2
2
2
6
Jumlah

50

            Berdasarkan analisis USG tersebut maka diperoleh prioritas program dengan urutan sebagai berikut:
1)      Kualiatas pembelajaran
2)      Kinerja personal
3)      Pengembangan bakat minat
4)      Budaya sekolah
5)      Basis lingkungan.



      b. Prioritas Anggaran
          Berdasarkan analisis USG seperti tampak pada tabel di atas maka Rasio anggaran dapat kita buat sekala prioritasnya sebagai berikut:
1)      Kualiatas pembelajaran  dengan rasio 15 : 50
2)       Kinerja personal dengan rasio 12 : 50
3)       Pengembangan bakat minat 9 : 50
   4)   Budaya sekolah 8: 50
   5)   Basis lingkungan 6 : 50
            Untuk menentukan besaran Anggaran Pengembangan Sekolah digunakan rumus:
           RN =    P    x  R
                        N
P = nilai prioritas
N= kumulatif rentang
R = total anggaran berdasarkan masukan
RN = 100%.
            Anggaran SD Negeri Margamulya untuk tahun pelajaran 2011/2012 sebesar Rp …………......... dari BOS, Rp ………………… dari BOS Buku, dan Rp ……………… dari biaya rutin; total Rp …………………….. Maka besaran biaya untuk masing-masing variable adalah:
1) Kualiatas pembelajaran  dengan rasio 15 : 50 x Rp ……………..              = Rp ………………
2) Kinerja personal dengan rasio 12 : 50 x Rp ………………                       = Rp   ……………..
3) Pengembangan bakat minat 9: 50x Rp …………….                                 = Rp   ……………..
4) Basis lingkungan, 8 : 50 x Rp ………………                                             = Rp   ……………...
5) Budaya sekolah 6 : 50.x Rp ………………                                               = Rp   ……………..
    Total anggaran                                                                                           = Rp ………………                         
                                                                   

B. Anggaran Pengembangan Sekolah

            Anggaran pengembangan sekolah secara terperinci sesuai dengan Rencana Kerja Program Tahunan dapat dilihat pada Rencana Anggaran Pengembangan Sekolah tahun Pelajaran 2011/2012 (Terlampir).











BAB V
PENUTUP


            Kita semua berharap agar satuan pendidikan yang kita kelola dapat mencapai sekolah yang diharapkan yaitu sekolah yang ideal. Sekolah yang terpenuhinya berbagai komponen yang diperlukan antara lain personal, sarana prasarana, dan proses pendidikannya itu sendiri. Tentu saja hal ini tidak akan tercapai sekaligus dan tanpa upaya nyata, tetapi harus bertahap untuk meraihnya.
            Kehadiran Rencana Pengembangan Sekolah ini, tentu saja diharapkan agar semua cita-cita dan harapan menuju sekolah masa depan yang ideal dapat tercapai. Hal ini diperlukan adanya kekompakkan berbagai komponen yang bertanggung jawab terhadap pendidikan, yakni pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Tidak mungkin proses pendidikan akan berhasil dengan baik kalau hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa ada peran serta  orang tua dan masyarakat.
            Akhirnya semoga visi, misi, tujuan, dan program-program yang tertuang dan tidak tertuang dalam RPS  SD Negeri Margamulya ini dapat tercapai dengan baik.




Margamulya,     Juli 20011
Kepala Sekolah,




Dra. SUHENAH
NIP. 19580512 197703 2 001











No comments:

Ringkasan Materi Gaya dan Gerak Klelas 4 Semester 2 SD Negeri Margamulya

RINGKASAN MATERI GAYA DAN GERAK BENDA MAPEL IPA KELAS IV SEMESTER 2 ·          Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat mempe...